Ciacap, 5 November 2025 – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyongsong tantangan pendidikan di era digital, SMK Negeri 1 Ciacap menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) dengan tema “Implementasi Kurikulum Mendalam dalam Pembelajaran” pada hari Rabu, 5 November 2025. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru ini bertujuan untuk mendalami konsep Kurikulum Mendalam dan menghasilkan perangkat ajar konkret berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
IHT ini menghadirkan tiga narasumber kompeten di bidangnya, yaitu Kuat Ludianto, S.Pd., seorang Pengawas Sekolah dan Praktik Kurikulum; Winardi, S.Pd., Guru Berprestasi Tingkat Nasional; serta Dyah Puspitasari, S.Pd., Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Mata Pelajaran Produktif.
Dalam pemaparannya, Kuat Ludianto menekankan pentingnya pergeseran paradigma dari guru sebagai pemberi informasi menjadi fasilitator yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif.
“Kurikulum Mendalam bukan sekadar mengejar ketuntasan materi, tetapi bagaimana menciptakan pembelajaran yang bermakna, di mana siswa mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Peran guru dalam merancang RPP menjadi kunci utama,” tegas Kuat di hadapan para peserta.
Sesi berikutnya diisi oleh Winardi yang membagikan strategi praktis merancang pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) yang selaras dengan Kurikulum Mendalam. Winardi mendemonstrasikan bagaimana sebuah tema sederhana dapat dikembangkan menjadi proyek kompleks yang melibatkan berbagai elemen kompetensi.
“Kita harus berani keluar dari zona nyaman. RPP yang kita buat harus mampu memicu rasa ingin tahu siswa dan membawa mereka pada pengalaman belajar yang autentik, mirip dengan kondisi di dunia kerja,” ujar Winardi penuh semangat.
Pemateri ketiga, Dyah Puspitasari, memandu para guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan literasi digital ke dalam RPP. Dyah menyoroti bahwa Kurikulum Mendalam juga bertujuan untuk membentuk profil Pelajar Pancasila yang kompeten dan berakhlak mulia.
“Tidak ada lagi RPP yang berdiri sendiri. Setiap komponen, dari tujuan pembelajaran, langkah-langkah, hingga penilaian, harus mencerminkan pendekatan saintifik dan penguatan karakter,” jelas Dyah.
Kegiatan IHT berlangsung dinamis dan partisipatif. Para guru tidak hanya menyimak materi, tetapi juga aktif dalam sesi workshop untuk menyusun dan merevisi RPP mata pelajaran masing-masing. Dengan bimbingan langsung dari para narasumber, setiap guru menghasilkan draft RPP Kurikulum Mendalam yang siap diujicobakan di kelas.
Kepala SMK Negeri 1 Ciacap, Navy Hardiati Dian Mintarsih, S.Pd., M.Pd., dalam sambutan penutupannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas antusiasme seluruh peserta dan narasumber.
“Hari ini adalah bukti komitmen kita bersama untuk memajukan pendidikan di SMK Negeri 1 Ciacap. Output nyata dari IHT ini, yaitu RPP Kurikulum Mendalam dari semua guru, akan menjadi dasar yang kuat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kita. Langkah ini sejalan dengan visi sekolah untuk mencetak lulusan yang unggul, kompeten, dan siap bersaing di tingkat global,” pungkasnya.
Dengan ditandatanganinya berita acara dan komitmen bersama untuk melakukan monitoring dan evaluasi, SMK Negeri 1 Ciacap optimis dapat mengimplementasikan Kurikulum Mendalam secara efektif mulai semester genap tahun ajaran 2025/2026.
Posting Komentar untuk "Sukses Gelar IHT, SMK Negeri 1 Ciacap Siap Implementasi Kurikulum Mendalam"